Membuat Email Custom Domain Forwarder Dengan Cpanel

Fitur Email Forwarders pada Cpanel memudahkan Anda dalam mengirimkan atau membuat salinan email dari berbagai akun ke sebuah akun email tertentu. Cara ini dirasa sangat efektif digunakan apabila Anda memiliki beragam alamat email namun tidak ingin mengeceknya satu-per-satu dari akun berbeda. Tujuannya agar lebih simple dan praktis hanya dengan mengeceknya dari satu akun saja.

Dengan fitur semacam anda hanya perlu menggunakan sebuah email primary sebagai acuan dari email-email anda yang lain. Sebagai contoh, anda memiliki email dengan care@namadomainanda.com dan ingin mengalihkan setiap email yang masuk ke email tersbut menuju namaanda@gmail.com, hal ini sangatlah mungkin dilakukan dengan bantuan cPanel. Dengan begitu, anda tidak perlu repot-repot secara intensif membuka email care@namadomainanda.com, melainkan anda dapat focus ke email utama anda karena email apapun nantinya akan di alihkan ke email anda.

Berikut ini langkah-langkahnya :

1.Silahkan login ke Cpanel anda -> pada halaman utama cPanel, kemudian pilih Forwarders.

2.Akan ada 2 pilihan disini, yang pertama adalah Add Forwarder yang kedua adalah Add Domain Forwarder. Berikut ini adalah penjelasannya:

Add Forwarder : Menambahkan forwarder untuk sebuah akun email tertentu dari domain yang anda miliki.
Add Domain Forwarder : Menambahkan forwarder yang berlaku untuk keseluruhan email akun yang ada pada domain tertentu, contoh anda ingin mendapatkan semua email yang masuk ke alamat email dibawah domain anda agar dapat melakukan pemantauan, dengan demikian lebih tepat jika anda memilih pilihan yang ini.

3.Selanjutnya isikan alamat email yang digunakan sebagai acuan dan juga tujuan untuk mengirim pesan dari email anda yang berada dibawah domain tersebut. Anda juga dapat memilih untuk menghapus dank rim sebuah pesan balasan ke pengirim yang mengirim ke alamat email domain tersebut. Kemudian akhiri dengan klik Add Forwarder.

4. Selesai! Jika sudah berhasil Anda akan diarahkan ke halaman ini. Klik tombol Go Back untuk kembali ke halaman sebelumnya.

5. Jika sudah berhasil, alamat email forwarder Anda akan muncul.

Comments